HARGA PAJERO DAKAR ULTIMATE

harga pajero sport dakar ultimate 2017

harga pajero sport dakar ultimate 2017

FIRST DRIVE: Mitsubishi All New Pajero Sport Dakar 4x4

FIRST DRIVE: Mitsubishi All New Pajero Sport Dakar 4×4

Ini adalah varian termahal dari Mitsubishi All New Pajero Sport yang akan diluncurkan Jumat (29/1) mendatang, yakni Dakar 4×4 A/T. Kami dan beberapa media mendapat undangan resmi dari PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors untuk berkesempatan mencoba mobil ini sebelum diluncurkan.

Dengan kemampuan gerak empat rodanya, Mitsubishi All New Pajero Sport ini akan bersaing langsung dengan Ford All New Everest, Toyota All New Fortuner dan Isuzu All New MU-X. Keempatnya memiliki kapabilitas dual purpose, nyaman digunakan pada medan aspal namun sangat andal di jalan tanah atau bebatuan.

Secara tampilan, baik eksterior dan interior Mitsubishi All New Pajero Sport Dakar 4×2 dan 4×4, jelas sangat mirip sekali. Jika bertemu di jalan, hanya emblem Dakar 4×4 yang berada di pintu bagasilah yang mengidentifikasinya. Lainnya serupa. Tampilan depannya sangat cantik, meski begitu bagian belakang ternyata banyak mengundang perdebatan netizen di dunia maya. Di interior, artinya panel kayu yang banyak dianggap kurang terlihat modern masih ada. Sedangkan instrumennya sendiri terlihat cantik.

Perbedaan lain ada di bagian konsol tengah pengemudi. Pada varian Dakar 4×4, terdapat kenop pengaturan yang mudah dioperasikan untuk memilih posisi gigi transfer di gerak dua roda dan empat roda. Terdapat empat pilihan pengaturan, yakni dua roda (2H), empat roda rasio gigi rendah tanpa pengunci diferensial (4H), empat roda rasio gigi rendah dengan pengunci diferensial (4HLc), serta empat roda rasio gigi tinggi dengan pengunci gardan (4LLc).

Selain itu, Mitsubishi All New Pajero Sport Dakar 4×4 juga dilengkapi tombol fitur pengaturan mode medan yang akan dilalui. Antara lain Sand, Mud-Snow, Rock dan Gravel. Fitur ini mampu membatasi gerak roda agar tidak terlalu kelebihan putaran saat melalui medan yang dipilih.

Khusus varian Dakar 4×2 dan 4×4, sudah menggunakan mesin diesel terbaru berkode 4N15. Sumber tenaga penggerak ini dilengkapi dengan teknologi DOHC MIVEC dan Variable Geometry Turbocharger. Dipadu transmisi otomatik 8-percepatan, mobil ini mampu menghasilkan tenaga 181 dk dengan torsi 430 Nm. Ini adalah yang terbesar di kelasnya.

Saat kami uji sedikit kemampuan Mitsubishi All New Pajero Sport di trek berpasir mobil ini merespons dengan sangat baik. Saat diajak menikung dengan kecepatan 40 km/jam dan posisi gigi transfer di 4HLc, pengendaliannya begitu dinamis. Pergerakan mobil pun mampu mengikuti arah putaran setir dengan presisi.

Di kondisi pertanahan yang bumpy, redaman rebound dan damping suspensi terasa halus dan tidak terlalu mengguncang seisi kabin yang berisi empat pria dewasa. Demikian pula saat injakan pedal gas ditambah, torsinya lebih dari cukup untuk menghela tenaga All New Pajero Sport Dakar 4×4 dari putaran mesin bawah hingga atas.

Menurut informasi yang didapat dari pihak APM, mobil ini memiliki kemampuan ‘menyelam’ (wading depth) di dalam air setinggi 700 mm. Sayang, saat pengujian kami tidak disuguhkan dengan simulasi melintasi genangan air.

Harga sendiri baru diketahui setelah peluncurannya, tapi diprediksi versi 4×4 ini bermain di harga Rp 600 juta. Nantinya kami juga akan minta kesempatan untuk mengujinya jangka panjang secara menyeluruh. Barulah saat itu kami akan tes bagaimana ketangguhan sebenarnya dari SUV jantan ini di dunia nyata.

Baca Juga:

FIRST DRIVE: Mitsubishi All New Pajero Sport Dakar 4×2 A/T

VIDEO: First Drive Mitsubishi All New Pajero Sport Dakar 4×2 A/T

Daftarkan Diri Anda Untuk
Mendapatkan Informasi Terkini Mengenai Mobil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *